SEPUTAR CUSTOM ANIMATION DALAM POWERPOINT

Gambar 1

Custum Animation merupakan kumpulan fungsi atau perintah yang dapat digunakan untuk mempercantik presentasi menggunakan powerpoint. Fungsi spesifik yang dimiliki adalah untuk mengendalikan animasi objek pada slide misalnya mengendalikan teksbook, gambar, atau objek lainnya.

Gambar 2

Dalam tulisan ini, kami menggunakan referensi dari PowerPoint 2003. Panel Custum Animaiion dapat ditampilkan melalui menu Slide Show pada sub menu Custom Animation … seperti gambar 1.

Panel Custum Animation akan muncul di layar sebelah kanan seperti gambar 2.

Beberapa tombol maupun dialog yang ada pada panel tersebut akan aktif jika kita mengaktifkan objek.

Untuk memahami beberapa perintah yang ada dalam custom animation disini kita mencoba membuat objek anak panah menggunakan Autoshapes seperti gambar 3.

Gambar 3

Setelah anak panah kita klik (aktif untuk diedit) maka tombol Add Effect pada  panel custom animation akan aktif. Fungsi tombol tersebut untuk menambah efek animasi terhadap objek, didalam contoh ini adalah objek anak panah.

Efek animasi yang dapat kita berikan ada beberapa macam, dan akan muncul saat kita clik tombol Add Effectf, contohnya gambar 3.

  • Entrance berupa efek animasi yang berkaitan dengan kemunculan sebuah objek.
  • Emphasis berupa efek animasi yang berkaitan dengan perubahan ukuran, warna, dan arah sudut putar dari objek.
  • Exit berupa efek animasi yang berkaitan dengan menghilangnya sebuah objeck.
  • Motion Paths berupa efek animasi yang berkaitan dengan jejak/ arah pergerakan sebuah objek.

Gambar 4

Objek yang kita buat tanpa tambahan efek animasi akan muncul statis bersama dengan munculnya slide.

Agar kemunculan objek dan Objek dapat tampak dinamis maka pada objek dapat ditambahkan secara bersama-sama atau bergantian perintah efek animasi diatas, sepanjang efek-efek yang ditambahkan memungkinkan untuk dieksekusi.

Gambar 5

Kita coba menambah efek kemunculan pada anak panah, menggunakan efek blinds seperti gambar 4  dan akan mengubah kondisi panel custom animation menjadi seperti gambar 5.

Objek panah diberi nama Right arrow 1 seperti yang ditunjukkan pada panel custum animasion serta ditandai dengan nomor 1 (satu) yang menyatakan adanya efek animation nomor 1 dengan penjelasan pada panel custom animation. Type animasi dan karakternya dapat dilihat dari penjelasan:

  • Modify : Blinds (sesuai yang kita piih)

    Gambar 6

  • Start : On Clik (efek kemunculan akan dijalankan jika ada penekanan tombol mous). Untuk mengubah dapat dipilih dengan menekan panah seperti gambar 6, kemudian pilih salah satu. With Previous jika efek animasi diterapkan bersamaan dengan efek animasi lainya yang sebelumnya diterapkan, sedang After Previous akan menerapkan efek animasi setelah efek animasi sebelumnya diselesaikan.
  • Direction memberi pilihan pada kita berkaitan dengan keragaman jenis Modify yang kita pilih.
  • Speed memberikan pilihan pada kita berkaitan dengan kecepatan pelaksanaan animasi.

Gambar 7

Modefikasi variabel-variabel yang mempengaruhi animasi objek juga dapat dilakukan dari masing-masing efek animasi yang dikenakan pada objek it, seperti gambar 7.

Baris pertama sampai baris ketiga sama seperti dialog diatasnya

Gambar 8

Effect Options memuat Direction, Sound, dan After Animation. Sound digunakan untuk menyertakan suara yang dimainkan saat efek animasi dieksekusi. After Animation digunakan untuk mengatur kondisi objek setelah efek animasi dijalankan. Pilihan dari After Animation diantaranya tampak pada gambar 8.

Jika memilih warna maka setelah efek animasi dijalankan maka objek warnanya diubah sesuai pilihan, Hiden After Animasion dan Hide On Next Mouse Clik sama-sama menghilangkan objek setelah efek animasi dijalankan dengan perbedaan pada penekanan tombol mouse.

Gambar 9

Timing … berisi dialog seperti gambar 9.

Delay menyatakan nilai tunggu dalam detik untuk menjalankan efek animasi setelah kondisi start. Speed didalam dialog ini dapat diisi angka dalam satuan detik atau format hh:mm:dd. Repeat menyatakan jumlah efek animasi diulang (ada pilihan diulang sampai ada penekanan mouse atau sampai slide berganti). Rewhind … akan mengembalikan posisi objek pada tempat semula setelah efek animasi dijalankan. Triggers membeli dua pilihan diantaranya kita diberi kesempatan mengeksekusi efek animasi setelah ada penekanan mouse di objek tertentu (Start effect on clik of : ………)

Dialog yang muncul dalam panel tidak selalu sama, tergantung jenis maupun type animasinya. Contoh diatas untuk efek animasi yang telah kita pilih untuk objek panah.

Gambar 10

Show Advanced Timeline berfungsi untuk menampilkan garis waktu dari efek animasi. Melalui timeline juga dapat diatur ulang variabel speed maupun variabel lainnya melalui pengubahan panjang atau posisi batang waktu dari efek animasi yang bersangkutan.

Remove digunakan untuk menghilangkan efek animasi yang terpilih dari objek.

Menggabung beberapa efek animasi pada objek

Gambar 11

Gambar 12

Setelah objek panah aktif kita tambah sebuah efek animasi perpindahan seperti gambar 10. Akhirnya pada objek dan panel custum animation tampak animasi nomer 2, seperti gambar 11.

Gambar 13

Pada animasi kedua, titik pada segitiga hijau merupakan posisi awal objek sedang titik pada segitiga merah sebagai posisi akhir objek. Kita perpanjang gerak dengan men-drag titik posisi akhir kekanan, dan mengubah start hingga kondisi seperti gambar 12.

Gambar 14

Clik diluar objek, kemudian aktifkan objek dan tambahkan efek seperti gambar 13. Ubah nilai – nilai effek animasi terakhir sampai menghasilkan seperti gambar 14.

Coba jalankan slide diatas.

Selamat mengembangkan …

About these ads

Perihal gunawan susilo
Guru SMP N 1 Gandusari Blitar Dusun Pagergunung Rt 04/ Rw 01 Desa Pagergunung Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar Jawa Timur

4 Responses to SEPUTAR CUSTOM ANIMATION DALAM POWERPOINT

  1. imdad mengatakan:

    Terima Kasih banyak ya pak, sangat membantu untuk bahan tugas..

  2. nananana mengatakan:

    haloooooooo

  3. terimakasih pak ,ini sudah membantu tugas saya :) terimakasih banyak.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 837 pengikut lainnya.