RPP Barisan Polinom

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN : Mapel Matematika kelas 9 semester 2 waktu 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Menahami barisan dan deret bilangan serta penggunannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : Menentukan pola barisan bilangan sederhana
Indikator : Dapat menentukan beberapa aturan atau rumus barisan bilangan yang diketahui beberapa suku yang pertama.

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menemukan kaitan rumus umum barisan polinom dengan beberapa suku awal menggunakan metode selisih suku
  2. Siswa dapat menggunakan kaitan rumus umum barisan polinom dengan beberapa suku awal untuk menentukan kemungkinan rumus umum barisan tersebut.

Materi Ajar

  1. Pengertian Barisan: Barisan merupakan sederet bilangan yang dipisah menggunakan tanda koma. Masing-masing bilangan disebut suku barisan dengan urutan suku dimulai dari kiri ke kanan, suku paling kiri disebut suku pertama (U1) sedangkan suku ke n dilambangkan dengan Un.
  2. Rumus Suku ke n dari Barisan: Merupakan fungsi atau bentuk yang menghubungkan posisi suku dengan nilai masing-masing suku.
  3. Pengertian Barisan Polinom: Barisan Polinom merupakan barisan yang mempunyai rumus suku ke n berupa bentuk polinom. Bentuk umum barisan polinom dapat dinyatakan dengan Un = a0 + a1n + a2 n2 + a3 n3 + … + ak nk dengan k (pangkat tertinggi dari n) menunjukkan derajad polinom tersebut.
  4. Pengertian Barisan Selisih Suku: Merupakan barisan yang dibuat dari barisan lain dengan cara mengurangkan suatu suku dengan suku sebelumnya, mulai suku ke dua.
  5. Hubungan barisan selisih suku dengan barisan polinomnya.
  6. Langkah-langkah menentukan rumus suku barisan polinom dengan menurunkan derajad barisan polinom sampai berupa barisan konstanta (clik unduh materi bentuk PowerPoint)
  7. Contoh materi dapat dilihat disini.

Metode Pembelajaran

  1. Ekspositori
  2. Kerja Kelompok
  3. Penugasan

Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal (±5 menit)
    1. Guru memberi ilustrasi adanya keteraturan perhitungan dalam kehidupan yang mengarahkan pada pemanfaatan pengetahuan tentang barisan.
    2. Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran.
  2. Kegiatan Inti (±70 menit)
    1. Guru membentuk kelompok dengan anggota maksimal 4 anak.
    2. Guru membagi LKS I pada masing-masing kelompok dan memberi penjelasan dan contoh pengerjaan dengan mengerjakan salah satu soal dari LKS tersebut.
    3. Masing-masing kelompok diminta mengerjakan soal yang tersisa dan menuliskan kesimpulan dalam waktu 15 menit.
    4. Dengan 10 menit masing-masing kelompok diminta membaca kesimpulan dan guru mejembatani mencapai kesepakatan pada kesimpulan yang benar.
    5. Guru membagi LKS II pada masing-masing kelompok dan memberi penjelasan dan contoh pengerjaan dengan mengerjakan salah satu soal dari LKS tersebut.
    6. Masing-masing kelompok diminta mengerjakan soal yang tersisa dan menuliskan kesimpulan dalam waktu 25 menit.
    7. Guru meminta siswa mencatat soal LKS di buku catatan kemudian meminta LKS bersama pekerjaannya dikumpulkan.
    8. Guru menyampaikan jawaban yang benar untuk soal-soal LKS II agar siswa mencatatnya.
  3. Penutup (±70 menit)

Meminta masing-masing siswa mencoba kembali mengerjakan soal LKS yang telah dicatat untuk mendapatkan jawaban yang benar sebagai tugas rumah.

Alat & Bahan Ajar

  1. LKS
  2. Kalkulator

Penilaian

  1. Jenis tagihan: Kesimpulan kelompok untuk LKS I dan Kerja Kelompok untuk LKS II
  2. Teknik:  Tertulis
  3. Bentuk Instrumen: LKS
  4. InstrumenLKS BARISAN POLINOM

Perihal gunawan susilo
Guru SMP N 1 Gandusari Blitar Dusun Pagergunung Rt 04/ Rw 01 Desa Pagergunung Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar Jawa Timur

2 Responses to RPP Barisan Polinom

  1. rudi hariyanto mengatakan:

    Langkah-langkah pembelajaran ekspositori mungkin lebih baik jika terlihat di langkah-langkah pembelajaran, Penilaian sebaiknya tersendiri, tidak dimasukkan dalam LKS. LKS hanya memandu siswa memahami konsep.Kalau penilaian pada LKS mungkin lebih pas masuk penilaian proses. Ini cuma sekedar masukan lo . Smg suses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s