Renungan Masa Adven

“Berjaga-jagalah dan bersiap-siaplah.”

Retno S. Guru Profesional Bahasa Indonesia

Mat. 24:36-44

Tak terasa kita sudah sampai dipenghujung tahun. Sampailah kita pada masa adven, masa 4 minggu sebelum natal. Ya, kita sudah memasuki Minggu Adven I. Masa untuk kita merenung. Juga masa awal tahun gerejawi.  Saat memasuki Minggu Adven umumnya kita sudah mulai  mempersiapkan hari raya Natal. Padahal  sebenarnya persiapan untuk memasuki masa Natal baru dilakukan pada Minggu Adven  IV.

Adven berasal dari bahasa Latin: adventus dengan arti: kedatangan.  Gereja mengartikannya sebagai persiapan atau penantian kedatangan Yesus Kristus, Putra Allah. Menurut kalender liturgi,  ada 4(empat) minggu Adven  sebelum Hari Raya Natal atau perayaan kedatangan Yesus melalui kelahiranNya di Betlehem. Tradisi gereja juga mengenal korona Adven dengan 4 lilin (menandakan 4 minggu Adven) yang dinyalakan satu per satu tiap memasuki minggu Adven berikutnya.

Masa Adven tahun A, Minggu, 28 November 2010 ini diawali dengan mendengarkan Injil Matius 24:36-44 , yang mengajak kita untukBerjaga-jagalah dan bersiap-siaplah.Bacaan Injil ini tidak mengajak kita  mempersiapkan diri menyambut hari raya Natal atau lahirnya Kristus di kandang Betlehem. Pada  Minggu Adven I ini kita justru diajak untuk mempersiapkan diri, berjaga-jaga menantikan  kedatangan Kristus yang kedua, kedatangan Kristus sebagai seorang Hakim Akhir Zaman. Itu sebabnya bacaan Injil pada Minggu Adven I menyaksikan hal kedatangan Kristus pada akhir zaman secara tidak terduga, yaitu: “Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia” (Mat. 24:37).

Kita sering menjalani hidup ini seenaknya, tanpa berpikir panjang. Pernahkah kita berpikir bahwa hidup kita di dunia ini  akan  berhadapan dengan batas akhir, yaitu kematian? Tahukah kita kapan kematian datang kepada kita? Tak seorang pun tahu.  Oleh karena itu, amat tepatlah mengawali masa Adven ini dengan berusaha menyadari bahwa Kristus sungguh akan datang  walau kita tidak tahu kapan waktunya. Karena kita  percaya sungguh-sungguh akan kedatangan Kristus untuk menghakimi secara tidak terduga, maka kita terpanggil untuk melakukan yang terbaik, terindah dan termulia dalam hidup ini.

Pada masa penantian akan kedatangan Kristus itulah sebenarnya kita berada dalam situasi kritis. Sebab sering kali  hidup kita mudah dialihkan kepada nilai-nilai dan kuasa duniawi. Kita  mudah terpesona dengan nilai-nilai yang semakin menjauhkan diri dari kasih Kristus. Agar tidak semakin jauh dari Kasih Kristus, kita  harus selalu waspada, kritis, menguji segala sesuatu dan tidak mudah terpengaruh. Kita harus mampu  menyaring dan menerima nilai-nilai yang berada di sekitar kita  dengan nilai  dan roh hikmat Kristus, sehingga Kristus menjadi yang pertama dan utama dalam kehidupan kita. Masa Adven mengajak kita  untuk konsisten beriman dan berelasi secara personal dengan Kristus semata, dan bukan kepada yang lain.

SELAMAT MEMASUKI MASA ADVENTUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s