Tip Mencari Data pada Daftar Format PDF

Pengumuman yang berupa daftar dan memuat banyak nama yang disajikan dalam format PDF seperti Pengumuman Kelulusan PLPG tahun 2011 UMM dengan Peserta dari Kabupaten Blitar seperti gambar (1) terkadang kita kesulitan atau butuh waktu yang lama untuk mencari identitas tertentu.

Pada Adobe Reader menyediakan fasilitas find. Dengan memasukkan kata kunci pada kolom find diikuti enter maka akan membawa kita ke salah satu data yang mengandung kata kunci tersebut.

Sebagai contoh pada pengumuman tersebut kita masukkan  kata kunci diisi kata gunawan maka setelah enter akan menampilkan data yang memuat gunawan yang pertama seperti gambar (2).

Disebelah kanan kolom find ada dua tombol yaitu  yang berfungsi untuk mencari data sebelumnya (tombol kiri) dan mencari data sesudahnya (tombol kanan). Jika data yang dicara ditemukan maka akan ditampilkan, tetapi jika tidak ada maka tampilan kembali ke awal.

Misal utuk mencari data yang memuat gunawan berikutnya dapat dilakukan dengan menombol , dan akan menampilkan seperti gambar (3).

Jika tidak lagi ditemukan kata gunawan maka akan tampil seperti gambar (4).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s