Mengintip manfaat MiKTex dan TekMaker

miktekAkhir tahun 2013 ini, penulis mencoba menyampaikan pengalaman saat menjelajah dunia maya. Dengan perasaan ingin tahu, penulis mengintip dua buah softwere yang disediakan secara gratis, yaitu Miktex dan Texmaker.

Melalui pencarian di Google, penulis mencoba mencari petunjuk pemanfaatannya, sehingga penulis  telah mencoba menggunakan kedua softwere tersebut dalam membantu melaksanakan tugas sebagai guru matematika di SMP 1 Gandusari Blitar.

MikTex merupakan perlengkapan yang dapat menghasilkan dokumen yang ditulis menggunakan editor tek murni (misal Notepat) dengan format Latex dengan menghasilkan dokumen (yang bagus dan rapi) layaknya dokumen yang dihasilkan softwere pengolah kata profsional.

tekmakerTexMarker merupakan editor tek yang dapat mendukung penulisan dokumen tex dalam format Latex. TexMarker ini bersama MikTex memberikan fasilitas yang mudah untuk menghasilkan dokumen bentuk file PDF.

Karena sifat MikTex dapat mengolah dokumen yang ditulis/ disimpan dalam format tek murni maka memungkinkan kita menggabungkan konsep penulisan berbasis konsep untuk menghasilkan soal – soal yang bervariasi dalam dokumen format PDF.try01

Contoh yang berhasil penulis buat adalah kumpulan tryout berikut:

  1. Tryout 1 berisi 10 type soal yang masing-masing terdiri dari 19 butir.
  2. Tryout 2 berisi 10 type soal yang masing-masing terdiri dari 17 butir.

try02Penulis, menggunakan soal-soal tersebut, berharap agar dapat memotivasi siswa untuk bekerjasama dalam menyelesaikan persoalan dengan menggali cara penyelesaian soal yang dihadapi dari teman lainnya.

Selamat Tahun Baru 2014, selamat mencoba….. Semoga guru profesional bukan hanya tppnya !

Perihal gunawan susilo
Guru SMP N 1 Gandusari Blitar Dusun Pagergunung Rt 04/ Rw 01 Desa Pagergunung Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s